1.       Buka terlebih dahulu file schematic rangkaian kunci elektronik yang telah dibuat sebelumnya.



2.  Lakukan pengecekkan ERC (Electrical Rules Check). Klik menu file, pilih reports kemudian pilih item Electrical Rules Check. Akan tampil kotak dialog Setup Electrical Rules Check seperti gambar dibawah ini:



3.       Apabila ingin mengedit setup, maka silahkan pilih pada report options, output options, net identifier scope, dan connected pin sesuai dengan kehendak anda apa yang akan di cek nanti.
4.       Klik tombol OK
5.       Maka akan tampil ERC dalam format text di notepad. Apabila tidak ada kesalahan maka ditampilkan seperti gambar dibawah ini, dan apabila terjadi kesalahan akan ditampilkan setelah error report. Bisa dilihat saat anda coba ERC dari rangkaian kunci, mengapa bisa terjadi kesalahan? Anda bisa lihat dilaporannya. Anda cek lagi schematicnya sampai tidak ada lagi laporan error seperti dibawah ini:



6.       Sebelum membuat netlist anda isi dulu footprint nya dengan cara klik dua kali setiap komponen yang ada pada rangkaian kunci secara bergantian, lalu pada kolom footprint ubah sesuai dengan footprintnya masing-masing.



7.       Create Netlist (membuat netlist) dengan cara klik menu file kemudian pilih create netlist, sehingga tampil kota dialog netlist creation seperti gambar berikut:



8.       Klik tombol OK, maka protel secara otomatis akan membuka notepad yang langsung memuat file netlist-nya. Hasil dari pembuatan netlist ini harus disimpan. Hal ini dilakukan karena untuk membuat PCB secara auto dibutuhkan netlist yang di-load dari pembuatan ini.



9.       Buka aplikasi PCB, lalu klik menu file, new untuk mmbuat lembar kerja baru.



10.       LOAD NETLIST, inilah untuk membuat pcb dengan cara memanggil/mengambil rangkaian yang telah dibuat di schematic. Klik menu Netlist kemudian pilih Load, sehingga akan tampil kotak dialog Load Netlist File Name, klik nama file yang telah anda simpan tadi, kebetulan saya membuat namanya bussru.net, klik tombol OK.


11.       Maka akan muncul kotak dialog Setup Netlist Load, klik tombol OK


12.       Klik tombol OK pada kotak dialog netlist Load Status



13.       Maka akan muncul layout pcb rangkaian kunci yang belum disusun, masih bergabung menjadi satu.


14.       Buat jalur track untuk mengelilingi komponen yang telah di-load (misal kotak) dengan Layer Keep Out Layer, ukurannya terserah Anda. Untuk mengubah layer bisa klik menu Current>Layer>pilih Keep Out Layer atau ubah layer pada kolom dibawah lembar kerja.


15.       Klik menu Auto>Auto Place untuk menyusun rangkaian secara otomatis.

 16.       Lalu klik menu auto>auto route>connection untuk membuat track. Klik satu persatu kabel hijau yang saling berhubungan tersebut, sehingga berubah menjadi track yang lebih rapi dan teratur secara otomatis. Sehingga menjadi seperti gambar berikut:



17.       Untuk menyembunyikan komponen, klik menu options>layers lalu uncheck pada Top Silkscreen Overlay.


18.       Maka komponen akan tersembunyikan, yang terlihat hanya track.



19.       Untuk mengubah ketebalan track, klik dua kali salah satu track tersebut lalu ubah 30 mil pada kolom Width, kemudian klik tombol Global.



20.       Maka rangkaian kunci tersebut selesai dibuatkan Layout PCB nya dengan track 30mil.

Leave a Reply